jump to navigation

Stereomantic 03/14/2009

Posted by ageng in Band Indie, Musik.
Tags: , , ,
trackback

PhotobucketStereomantic merupakan duo baru di bawah payung aksara record dengan basic music electronic dan warna vokal yang sedikit retro jauh dari jalur musik mainstream kebanyakan band – band indie sekarang ini. Stereomantic meluncurkan debut self – titled – nya pada Desember 2006 lalu dengan single pertama Takut. Konon Stereomantic merupakan gabungan dari kata “stereo” dan “romantic” yaitu Aroel dan Maria. Jika kita menyimak keseluruhan isi album Stereomantic ini memang sarat dengan nuansa romantik .

Mantan gitaris Planetbumi ( Aroel ) yang menangani departemen musiknya. Ia bertanggung jawab pada tata aransemen musik yang berkiblat pada genre “electronic”. Maria yang dahulu pernah beretro-ria dengan grup Klarinet dan suaranya yang girly merupakan daya pikat utama dari Stereomantic, selain sebagai penulis sebagian besar lirik lagu di album ini.

Bisa dibilang kategori musik Stereomantic yaitu indie pop electronic, electro pop atau disco pop. Namun, apapun itu, duo ini kompak menetapkan pop sebagai benang merah musik mereka. Apapun pemikiran dari orang lain mereka berdua hanya ingin memainkan musik secara jujur dan dari hati .

Duo elektronik semacam ini memang mengingatkan kita pada era 80-an. Namun, Stereomantic memang cerdik, untuk tata musik mereka berkiblat ke “electronic scene” yang programmable tapi untuk melodi dan warna vokal justru terseret ke atmosfer retro . Ini yang membuat warna musik Stereomantic terdengar unik . Tak heran dalam beberapa lagu, corak vokal Maria mengingatkan kita pada Cardigans atau malah bergeser jauh kebelakang menyimpul arransemen vokal ala Carpenters. Musiknya pun sangat cair dan easy listening. Dalam beberapa track mereka memilih beat bossanova yang santai. Aroel sendiri terampil memilih dan meramu bunyi-bunyi sintesisnya.

Album Stereomantic yang di awali dengan lagu Intro, dimana Maria menyanyi tanpa diiringi musik yang menonjolkan corak suara yang feminin, kemudian dilanjutkan lagu takut sebagai single pertama mereka dan lagu terakhir ditutup dengan You yang nggak kalah asyiknya .

Advertisements

Comments»

1. topan - 09/25/2009

goood

uky : makasih , jangan sungkan2 buat koment ya . . .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: