jump to navigation

Visual Basic 6.0 03/14/2009

Posted by ageng in Catatan Hidup, My life.
Tags: , ,
trackback

Photobucket

Pengalaman ulangan praktek TIK ku yang pertama , kami ( absen ganjil di kelas ) memasuki lab. komputer setelah mereka ( absent genap di kelas ) menyelesaikan program yang mereka buat yaitu tentang gaji pokok karyawan sebuah perusahaan, tapi kelihatannya hanya beberapa yang telah menyelesaikan program tersebut . Sebelumnya aku telah dimintai seorang temanku ( panggil saja Chandra ) untuk memberitahu code pemrograman soal ulangan nanti. Dan akupun mengiyaninya .

Ketika Ibu guruku yang bernama Hendrastuti ( kalau tidak salah ) memberikan soal yang panjang , panjang, dan sekali lagi panjang + banget . Akupun sempat menengok ke sebelah kanan dan belakang, namun karena pandangan teman – temanku sangat serius jadi aku akhiri niat menyontekku . Sebenarnya aku telah belajar mengenai penulisan bahasa pemrograman di dalam visual basic dan soal inipun tak terlalu susah, jadi ku coba untuk memulai pembuatan program “Pembelian Tiket Kereta Untuk Anak – Anak” aku berfikir sejenak, kira – kira kereta apa yang akan mereka naiki . Anak kecil beli tiket sendiri ? Mungkin tahun 2050 nanti pikirku . . .

Dengan jerih payah dan tidak begitu mengeluarkan keringat ( dingin bo, pake AC ) dan waktu menunjukan kurang dari 5 menit lagi ulangan ini segera berakhir . Ku tekan tombol start untuk menjalankan programku, ku ketik nama, alamat, tujuan, harga tiket dewasa, dan ku tekan commandHitung ( nama code program ) namun muncul peringatan “Run-time error ‘13’ : Type mismatch” . Gila ? Dah cape – cape buat tu program tapi akhirnya ga bisa dijalanin . Catatan : Hari ini aku gagal menyelesaikan programku, yang berhasil hanya 2 orang saja .

Minggu depannya, aku melanjutkan memperbaiki programku masih dikomputer yang sama dan di lab. yang sama . Aku coba berkali – kali tapi tetap gagal, aku ubah type dataku berulang kali tapi hasilnya tetap sama bahkan lebih buruk dari “type mismatch” . Akhirnya waktu 35 menit terbuang sia – sia, tiba – tiba dari sebelah kanan ku ( panggil saja Ana ) memanggil guruku tanda telah menyelesaikan programnya .

Aku semakin gugup, programku tak mau berjalan . Singkat cerita aku lempar flashdisku ke arah ana untuk mengkopi code programnya dan kemudian mencocokan dengan code programku . Kuteliti, lebih teliti, sangat teliti, sama ! Gila apa yang salah dengan code programku . Chandra temanku yang sedari kemarin mengkopi code programku dari belakang, semakin kesal karena program tersebut tak kunjung dapat berjalan dan bertanya padaku . Pikiranku kalap, aku copi saja code program milik ana, kemudian sedikit edit disana – sini ( mengubah nama data ) . Akhirnya selesai juga mengeditnya, aku jalankan programnya . Astaghfirullah . . . “Run-time error ‘13’ : Type mismatch” itulah peringatan yang keluar .

Aku dalam keadaan yang sangat genting karena jika menyelesaikan setelah bel berbunyi nilai ulanganku bisa – bisa hancur . Tiba – tiba dari belakang salah satu temanku ( panggil saja Ody ) memberitahukan Chandra bahwa kotak jumlah tiket yang di beli belum diisi, ketika ia akan menekan tombol Hitung dan ku coba programku sekali lagi dan kuisikan kotak itu . Oh, my God , jadi selama ini aku bingung, selama ini aku susah, selama ini aku dalam siksa batin hanya gara – gara sedari minggu yang lalu aku belum mengisikan kotak jumlah tiket yang dibeli . Jadi untuk apa aku melemparkan flashdisk, meneliti code programku dengan ketelitian yang membuat otakku bekerja keras, mengkopi code program ana dan mengeditnya, karena sebenarnya code programku sudah benar dari minggu lalu hanya saja ketika menjalankan program aku tidak mengisikan kotak jumlah tiket yang dibeli . It’s a bad day . . .

NB: Dalam paragraph ke dua ada kalimat yang janggal dimana aku tak menuliskan bahwa diriku menengok ke arah kiri, JAWABANNYA, ADALAH, ENG ING ENG . . . karena di sebelah kiriku adalah tembok . Hehehehe 😛

Comments»

1. odee - 03/17/2009

bukan virtual basic mbak bella…. eh salah mas ageng ding… visual basic lahh

Uky : Oh ya, karena saking asyiknya jadi salah . Treamz . . .


Leave a Reply

