jump to navigation

Efek Rumah Kaca ( E.R.K ) 03/24/2009

Posted by ageng in Band Indie, Musik.
Tags: , ,
trackback

PhotobucketEfek Rumah Kaca sebuah band indie yang sangat pandai bermain kata . Jenius di setiap untaian liriknya, dibalut dengan lagu yang melankolis, membuat mereka berbeda dari band – band local lainnya . Kebanyakan band – band Indie menggunakan bahasa Inggris untuk mengungkapkan lagu – lagunya, Erk menuliskan lirik – liriknya dengan bahasa Indonesia yang elegan . Ditambah dengan tema – tema yang diambil tak hanya masalah cinta, namun social dan kehidupan .

Debut album pertama yang diberi judul sama dengan nama band mereka itu menghancurkan filosofi bahwa sebuah lagu dapat terkenal dengan memenuhi permintaan pasar, justru Erk berhasil meraih rasa simpatik dari para pecinta musik tanah air yang telah bosan dengan musik yang hanya mengumbar cinta, cinta, dan cinta melalui sebuah lagu berjudul “cinta melulu” .

Keputusasaan, tanpa harapan, dan kedamaian, itulah yang akan kita rasakan saat mendengarkan lagu – lagu dalam album pertama mereka . Dalam ”Jatuh Cinta itu Biasa” Erk menggambarkan sebuah rasa sayang yang tak diumbar dan arti cinta yang sesungguhnya .“Jika jatuh cinta itu buta, berdua kita akan tersesat, saling mencari di dalam gelap, lalu kedua mata kita gelap …” penggalan lirik yang menyadarkan kita tentang makna cinta buta .

Band yang dimotori oleh Adrian ( Bass & Backing Vocal ) Akbar ( Drum & Backing Vocal ) Cholil ( Vocal & Guitar ) pada tahun 2008 lalu kembali menelurkan sebuah album baru yang bertitle Kamar Gelap, dengan single pertama mereka yaitu Kenakalan Remaja di Era Informatika . Sebuah kritikan terhadap para remaja di zaman sekarang yang kurang memperhatikan etika dan moral, namun tetap enak didengar dengan musik yang minimalist .

“Hujan, hujan, jangan marah ha a a, Hujan, hujan, jangan marah ha a a, Hujan, hujan, jangan marah ha a a. . .”nyanyi mereka dalam lagu “Hujan Jangan Marah” di album keduanya . Nada yang begitu menyesakan hati terdapat dalam lagu ini . Secara musikalitas Erk memang harus kita acungi jempol . Jarang ada sebuah band yang seperti ini . pokoknya Good luck buat Efek rumah Kaca . . . . . .

Advertisements

Comments»

1. Anis - 01/17/2010

yah ERK TOP deh

uky : siiiiip dah pokoknya buat erk .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: